Secara fisik, Komputer terdiri dari
beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah
komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan.
Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk
dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya,
perangkat keras computer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
A. Input Device ( Unit Masukan )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Unit masukan atau
peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
1. Keyboard
Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan
oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah
jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard
standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada
keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
2. Mouse
Mouse terdiri dari :
1) Dual button
2) Three button
3) Scroll button
3. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan
jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain
touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick
dan trackball.
4. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen
(monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan
(games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games
paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek
dalam komputer.
6. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel
pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang
ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
7. Scanner
Berguna untuk memindal (men-scan) gambar
atau dokumen dalam bentuk teks diatas kertas ke dalam dokumen atau file
komputer.Berdasarkan cara penggunaanya secara garis besar terbagi dalam
dua bagian yaitu :
1) Hand-held scanner yang pemakaianya
menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh
supermarket untuk menscan harga barang atau barcode.
2) Plat bed scanner yaitu scaner yang
penggunaanya dengan cara meletakan objek yang akan discanner di antara
lensa dan cover. Jenis ini banyak dipakai di kantor.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
8. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu
canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini
dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan
lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh
pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak
kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke
dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat
dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
9. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam
atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara
ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat
chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan
speaker untuk mendengarkan suara. Selain Perangkat masukan yang
dijelaskan diatas masih ada jenis input device yang lain.
B. Output device adalah sebagai berikut :
1. Monitor
Merupakan salah satu perangkat yang
berguna untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input,
disebut juga Soft-Copy device karena keluarannya berupa signal elektrik.
Monitor memiliki berbagai ukuran seperti halnya televisi.
Mempunayai resolusi 800×600 pixel dan biasa dipakai pada computer jenis laptop, palm top atau note book.
Mempunayai resolusi 800×600 pixel dan biasa dipakai pada computer jenis laptop, palm top atau note book.
2. Printer
Perangkat ini berfungsi untuk mencetak proses dari masukan (input)
Secara garis besar printer terdiri atas :
1) Dot matarix Printers, yang bekerja secara hentakan.
2) Injeks Printers
3) Laser Printers
C. CPU (Central Processing Unit)
Adapun komponen – komponen penting yang harus ada di CPU adalah :
a. Power Supply
b. Motherboard (Mobo)
Papan utama dimana terdapat chip-chip control.
c. Mikroprosesor (Processor)
d. RAM ( Random Acces Memory)
e. ROM ( Read Only Memory)
D. STORAGE DEVICE ( Media Penyimpanan)
a. Hard disk
Media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini kapasitas hard disk mencapai 120 GB
b.Disket
Media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700KB hingga 1,44 MB
Media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700KB hingga 1,44 MB
c. Cdrom / DVD
Merupakan media penyimpanan berbentuk
piringan Cdrom mampu menyimpan data sampai 700 MB, sementara DVD mampu
menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
d.Flash disk
Media penyimpanan data berbentuk pena, nerukuran 64 MB hingga 2000Mb
E. PERIFERAL
Periferal adalah semua peralatan yang terhubung dengan komputer.
Berdasarkan kegunaannya periferal dibagi menjadi dua bagian yaitu :
Periferal adalah semua peralatan yang terhubung dengan komputer.
Berdasarkan kegunaannya periferal dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a. Periferal Utama (Main Peripheral)
adalah peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh :
Monitor, Keyboard dan Mouse
b. Periferal Pendukung (Auxillary
Peripheral) adalah peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan
komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu, misalnya : Modem,
network card (kartu jaringan), TV tuner dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar